Pemikiranku tentang coding

OK.sekarang aku pingin sharing lagi, aku kadang kadang prihatin aja ngeliat blogku kenapa miskin postingan gini, makanya aku posting tapi sebelumnya aku ingin mengatakan “ini postingan tidak terlalu penting” tapi kalau kalian merasa setelah membaca ini kalian mendapat pemikiran baru, berarti postingan ini bisa menjadi penting.
aku ingin menjelaskan tentang pemikiranku terhadap algoritma, yah memang aku kuliah di kuliah swasta dan mengambil jurusan information system yang artinya aku harus sarapan coding setiap hari, entah itu langsung praktek ataupun teori biasa🙂, memang aku dulunya tidak suka dengan yang namanya syntax,system.out.println,input.nextInt(),variable,dll,dkk dan sebagainya,aku lebih suka menggambar atau menonton anime daripada mempelajari sebuah code code yang membuatku hampir pingsan (lebay ah),dan aku juga bukan seorang anak yang kerjaannya dari pagi sampai pagi coding aja terus, malem mingguan sama tumpukan code sebaliknya aku sama sekali nggak ambil pusing mengenai coding. tapi baru masuk semester 2 ini aku merasakan hal yang berbeda dengan algoritma, walaupun aku belum bisa mendapat nilai sempurna dalam algoritma tapi aku merasa senang, aku memperhatikan bahasa java yang unik dan membuat otakku pecah sebenernya tidak susah kok, aku menyarankan suatu cara yang mungkin bisa kalian jadikan suatu refrensi jika kalian memang bener bener perlu. ini adalah cara yang kugunakan :

1.rajin rajin membaca program yang sebelumnya pernah dibuat
aku menggunakan metode ini , biasanya setelah aku memperhatikan program yang kubuat, lalu aku membuat program yang sama tanpa melihat program yang sebelumnya (kalo perlu programku sebelumnya aku hapus) aku mengulangi cara itu sekitar 3x semalam sebelum tidur, maklumlah karena otakku lola jadi aku perlu 3x lebih untuk membuat aku mengerti maksud setiap line dari program yang aku buat

2.jangan copy paste
sebenernya berkaitan dengan pasal 1 , intinya kamu boleh bertanya kepada temanmu tentang bagaimana logika program yang akan dibuat, tapi jangan sampai copy paste punya teman kamu, kalau copy paste kita tidak akan mengerti karena copy paste sekarang sangat mudah , tinggal siapkan satu flashdisk copy program ke flashdisk lalu paste ke directory tujuan selesai , buka compiler, pilih open program yang telah di copypaste ke directory selesai deh, memang sangat gampang tapi tidak bermanfaat

3.jangan terlalu memaksakan diri
kalau capek ya istirahat sekalipun itu belum mengerti, otak juga nggak bisa dipaksain, dulu aku sering memaksakan terus coding pada saat aku sudah melampaui titik lelah sukses juga besoknya migranku kumat karena kecapekan hehe🙂
dan yang paling mengesalkan karena hasil belajarku dibayar sakit kepala tapi aku tidak mengerti sama sekali😦

4.banyak banyak cari refrensi
internet aja tempatnya, kalau ingin berinovasi mengenai coding bisa dari internet, karena dari google ada banyak yang berkaitan dengan coding, tapi kalau aku sih dengan internet yang biasa kulakukan adalah aku mencari bahasa pemrograman yang lain yang menjelaskan tentang program yang aku buat lalu bahasa pemrograman yang lain itu aku conversi ke dalam java, sukses 27 kesalahan hehe tapi setelah diperbaiki sedikit demi sedikit semua bisa lancar kok bahkan aku akui metode ini yang paling membantuku

metode itu saja sih yang sering aku gunain buat mengerti apa itu coding dan mengerti maksud serta arti dari bahasa pemrograman yang kutulis setiap line, semoga bermanfaat buat kalian

Leave a Reply

