Negeri dan Swasta

kuliah dimana? universitas negeri atau swasta?
jika kita jawab negeri maka orang yang bertanya akan kagum
tapi jika kita menjawab universitas swasta, kalo nggak mau sakit hati mendingan ngacir aja
karena banyak orang yang menganggap bahwa universitas swasta itu dibawah dan bahkan tidak sedikit orang yang mengejek pada saat kita menjawab kita kuliah di universitas swasta.
hai aku kuliah di universitas swasta dibandung yah jurusan information system, dulu aku memang sempat minder saat berhadapan dengan teman temanku yang sekarang kuliah di universitas negri, apalagi saat ditanya mengenai tempat dimana aku kuliah, pingin aku tonjok batang hidungnya, karena bagiku itu seperti ingin memastikan bahwa dia lebih bermartabat daripada aku karena dia kuliah di univ negri sedangkan aku kuliah di universitas swasta, dan sekarang rasanya bayang bayang SNMPTN menghantui mereka yang belum mengikuti SNMPTN selamat saja, aku mengatakan pada blog ini bahwa snmptn hanyalah sistem test tertulis yang mengandalkan keberuntungan, yah bagiku memang begitu, dari dulu saat aku diterima di sebuah SMA unggulan aku berpendapat bahwa yang namanya test masuk untuk melanjutkan sekolah itu hanyalah mengandalkan keberuntungan saja karena itu juga aku sama sekali tidak tertarik untuk mengikuti snmptn tahun kemaren, karena aku berpendapat jika aku belajar, tapi aku tidak beruntung maka usahaku untuk mendapatkan kata “diterima” itu hanya percuma saja, jujur aku heran saat mengetahui temanku yang pintar tidak diterima melalui jalur undangan sedangkan yang tidak pintar justru diterima pada jalur itu, entah bagaimana sistem undangan itu aku sudah tidak perduli tapi pastinya aku heran, dan hal itu terjadi juga sekarang
aku memiliki beberapa bantahan yang bisa kugunakan untuk membantah orang yang selalu mengunggulkan universitas negeri itu
1.mereka mengatakan bahwa dengan kuliah di universitas negeri kita akan mendapat pekerjaan lebih gampang
tidak salah, dan tidak dosa juga tapi aku merasa untuk membangkitkan semangat orang orang yang minder dengan statemen ini , aku perlu membuat beberapa bantahan. memang orang yang kuliah di univ negeri memiliki kemungkinan kerja yang lebih gampang daripada orang yang kuliah di univ swasta, tapi pekerjaan apa? itu yang tidak tau, bagus jika menjadi manajer, jika menjadi penjaga kebun binatang?itu sangat tidak mengenakkan, sebenarnya dari hasil surveiku aku melihat bahwa universitas swasta mahasiswanya dididik untuk dapat membuat lapangan pekerjaan, bukan karena aku kuliah di univ swasta makanya aku mengatakan hal ini, jika kuliah di univ negeri pun aku pasti akan mengatakannya walaupun hal itu hanya sebuah mimpi bagiku, jika kita memang tidak bisa mendapat pekerjaan hanya karena kita kuliah di univ swasta, kita masih bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan untuk membuka kesempatan kerja bagi orang lain pepatah mengatakan “daripada menunggu kesempatan, lebih baik kita menciptakannya” dan pepatah itu memberiku motivasi yang sangat besar, yah bagiku kurang lebih begitu. tetapi hal ini membutuhkan usaha yang besar

2.biaya universitas negeri lebih murah daripada universitas swasta
yap aku setuju, tapi itu dulu pada saat universitas negeri masih mendapat subsidi dari pemerintah, sekarang yah aku tidak tahu karena aku tidak peduli, tapi aku memiliki satu perbandingan aku kuliah dengan biaya awal 15 juta dan persemester 5 juta selama 6 semester berarti aku menghabiskan sekitar 45 juta dari awal masuk kuliah sampai dengan aku lulus, dan temanku mengatakan dia masuk ke universitas negeri dengan biaya sekitar 80juta untuk biaya awalnya, belum biaya sampai dia lulus manakah lebih mahal? dari kasus ini aku mendapat satu asumsi kasar yang belum tentu benar bahwa universitas swasta lebih bersih dari unsur penyogokan,dibandingkan universitas negeri. mengenai kasus ini mungkin hanya segitu bantahanku

3.mereka mengatakan kualitas universitas negeri lebih bagus
apa benar? yah kalo dari ranking mungkin saja, tapi jangan lupa dengan salah satu universitas swasta yang menduduki peringkat lima dari jajaran peringkat universitas seindonesia, universitas itu bahkan mengalahkan suatu universitas ternama yang selalu diidam idamkan, dalam hal ini apakah kalian akan beranggapan bahwa univ negeri itu lebih baik?
karena dalam hal kualitas bagiku keduanya sama

hanya 3 itu yang dapat kubantah, karena ketiga itu adalah hal yang paling umum dalam perdebatan mengenai univ negeri dan univ swasta, dan dari postingan ini aku mau mengatakan selamat kepada kalian yang keterima di univ negeri melalui jalur undangan, selamat berjuang untuk kalian yang mau bertempur dalam persaingan SNMPTN aku ucapkan selamat berjuang saja, dan untuk kalian yang tidak lolos jalur undangan sehingga pasrah menerima kuliah di universitas swasta, jangan berkecil hati HIDUP INI BUKAN HANYA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI SAJA,
ok sekian postingan dariku, maaf jika bahasa sedikit kasar, aku hanya ingin sharing dari melalui sudut pandangku dengan berbagai pertimbangan, terimakasih telah membaca hirameki “dark and light will become together”

This entry was posted in pikiran.

Leave a Reply

